Pembelajaran
merupakan usaha sadar dan terencana dari seorang pendidik untuk merangsang dan
menuntun peserta didik mengembangkan sikap, pengetahuan dan keterampilan.
Sikap, pengetahuan dan keterampilan merupakan tiga aspek utama dari kompetensi
diri seorang manusia. Dalam diri seorang
manusia, tiga aspek tersebut tidak dapat dipisahkan. Tetapi keberadaan tiap
aspek tidak dapat merata atau ketiganya belum tentu berada pada level yang
sama. Seorang siswa bisa saja memiliki sikap yang sempurna, pengetahuan yang
mantap, namun belum tentu keterampilannya juga hebat. Demikian sebaliknya,
seorang yang sangat terampil dan berpengetahuan tinggi, belum tentu meiliki
sikap sempurna.
Kita bisa
mengambil satu contoh nyata: seorang menteri dengan prestasi akademik tinggi,
tetapi korupsinya tingkat tinggi. Seorang yang memiliki pengetahuan kimia
tinggi dan terampil meramu bahan kimia, malah membuat bom untuk membakar
manusia lain.
Hasil belajar yang tepat tergantung pada komponen belajar yang tepat dan memadai. Berikut ini
dijelaskan beberapa komponen pendidikan menurut Djamarah (2000:
1. Tujuan
Tujuan mempunyai arti penting dalam
kegiatan belajar mengajar. Tujuan dapat memberikan arah yang jelas dan pasti ke
mana kegiatan pembelajaran akan dibawa oleh guru. Dengan adanya tujuan guru
dapat menyeleksi tindakan mana yang harus dilakukan dan tindakan mana yang
harus ditinggalkan.
2. Bahan
Bahan adalah substansi yang akan
disampaikan dalam proses belajar mengajar. Tanpa adanya bahan pelajaran proses
belajar mengajar tidak mungkin berlangsung. Karena itu, guru yang akan mengajar
pasti mempelajari dan mempersiapkan bahan pelajaran yang akan disampaikan
kepada anak didik.
3. Kegiatan
belajar mengajar
Kegiatan belajar mengajar adalah
inti kegiatan dalam pendidikan. Segala sesuatu yang telah diprogramkan akan
dilaksanakan dalam kegiatan belajar mengajar. Adapun komponen inti dalam
kegiatan belajar mengajar adalah guru dan anak didik yang masing-masing
bertanggung jawab dalam kebersamaan untuk mencapai tujuan pembelajaran.
4. Metode
Metode adalah suatu cara yang
dipergunakan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Dalam kegiatan
belajar mengajar, metode diperlukan oleh guru guna kepentingan pembelajaran.
Dalam melaksanakan tugas, guru sangat jarang menggunakan satu metode, tetapi
selalu memakai lebih dari satu metode, karena setiap metode memiliki kelebihan
dan kelemahan.
5. Alat
Alat adalah segala sesuatu yang
digunakan dalam rangka mencapai tujuan pembelajaran. Alat tidak hanya sebagai
pelengkap tetapi juga membantu mempermudah usaha untuk mencapai tujuan.
6. Sumber
pelajaran
Segala sesuatu dapat dipergunakan
sebagai sumber belajar sesuai dengan kepentingan guna mencapai tujuan yang
telah ditetapkan. Pemanfaatan sumber-sumber pengajaran tersebut tergantung pada
kreativitas guru, waktu, biaya serta kebijakan-kebijakan yang lainnya.
7. Evaluasi
Evaluasi adalah suatu kegiatan yang
dilakukan untuk mendapatkan data tentang sejauh mana keberhasilan anak didik
dalam belajar dan keberhasilan guru dalam mengajar. Penilaian berperan sebagai
barometer untuk mengukur tercapai tidaknya tujuan.
No comments:
Post a Comment