Monday, October 21, 2013

PENGERTIAN INPUT, PROSES, OUTPUT, DAN OUTCOME DALAM KEGIATAN PENDIDIKAN


Bagaimana pun kegiatan pembelajaran, sebenarnya ada tiga hal utama hendak diberdayakan yaitu input, proses dan output atau outcome. Kadang, susah membedakan arti kata output dengan outcome. Sehingga pemakaian kedua kata ini sering salah.

 

Input adalah semua potensi yang ‘dimasukkan’ ke sekolah sebagai modal awal kegiatan pendidikan sekolah tersebut. Berkaitan dengan siswa, input adalah ‘siswa baru’ yang diterima dan siap dididik/diberdayakan.

Input kelas VII SMP adalah lulusan SD yang diterima. Input Kelas VIII adalah siswa kelas VII yang naik kelas, dan seterunya.

Proses adalah serangkaian kegiatan pendidikan yang dirancang secara sadar dalam usaha meningkatkan kompetensi input demi menghasilkan output dan outcome bermutu.

Contoh wujud proses pendidikan formal: pembelajaran, pembinaan mental, pengembangan diri (oleh pihak sekolah), pelatihan, penugasan, dan sebagainya.

Output adalah
(1)     hasil langsung dan segera dari pendidikan (Kaluge,2000) atau
(2)     jumlah atau units pelayanan yang diberikan atau jumlah orang-orang yang telah dilayani (Margaret C, Martha Taylor dan Michael Hendricks,2002); atau
(3)     hasil dari aktifitas, kegiatan atau pelayanan dari sebuah program, yang diukur dengan menggunakan takaran volume/banyaknya (NEA, 2000).
Outcome adalah
1.      efek jangka panjang dari proses pendidikan misalnya penerimaan di pendidikan lebih lanjut, prestasi dan pelatihan berikutnya, kesempatan kerja, penghasilan serta prestise lebih lanjut (Lauren Kaluge,2000) atau
2.    respon partisipan terhadap pelayanan yang diberikan dalam suatu program (Margaret C, Martha Taylor dan Michael Hendricks,2002); atau
3.     dampak, manfaat, harapan perubahan dari sebuah kegiatan atau pelayanan suatu program (NEA, 2000).
Dalam definisi lain dikatakan bahwa Output adalah hasil yang dicapai dalam jangka pendek, sedangkan outcome adalah hasil yang terjadi setelah pelaksanaan kegiatan jangka pendek.
Untuk membedakan output dengan outcome, perhatikan tabel berikut (misalkan untuk perguruan tinggi jrusan pendidikan matematika)
Output
Outcome
Banyak guru matematika yang diwisuda (lulusan sarjana pendidikan)
Tingkat serapan pengguna jasa/lembaga pendidikan terhadap lulusan/diterima sebagai guru/bekerja sesuai profesi
Banyak kegiatan di luar perkuliahan, misalnya penelitian, pengabdian masyarakat
·     Banyaknya rekomendasi penelitian yang dipakai masyarakat;
·      Banyaknya kegiatan pengabdian yang diapresiasi masyarakat, misalnya perguruan tinggi tersebut selalu diminta membuat seminar, pelatihan, ceramah, bimbingan, dsb

 Atau perhatikan ilustrasi berikut:


 

 Pada diagram di atas output berkenaan dengan dua aspek:

1.     What we do: apa yang kita produksi/hasilkan, dan
2.     Who we reach: siapa orang yang menjadi sasaran kita.

Sedangkan outcome lebih mencakup kepada berbagai hasil (results) yang harus tercapai dalam jangka pendek dan menengah serta dampak (impact) jangka panjang.
Otcomes  jangka pendek adalah pembelajaran (learning) meliputi:
1.     Awareness (kesadaran)
2.     Knowledge (pengetahuan)
3.     Attitudes (sikap)
4.     Skill (keterampilan), dst
Otcomes jangka menengah adalah aksi (action) meliputi:
  1. Behavior (Perilaku)
  2. Practice (Profesi/praktek)
  3. Decision Making (Pengambil kebijakan), dsb
 Otcomes jangka panjang kondisi yang diharapkan (conditions) meliputi:
  1. Kondisi ekonomi
  2. Kondisi social
  3. Kondisi sipil
  4. Keadaan lingkungan
Jika memikirkan kompetensi inti yang ditagih kurikulum 2013 yaitu sikap, kognitif dan keterampilan, pembelajaran saat ini adalah upaya untuk memperbaiki atau meningkatkan potensi diri input menuju terbentuknya output dan outcome yang memenuhi standar sebagaimana tertera pada diagram di atas.

Sumber:
Dokumen kurikulu 2013
http://www.uwex.edu












35 comments:

  1. terima kasih. tulisan anda sangat bermanfaat. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama mbak... Selamat menikmati. Oh ya, bagi-bagi kesempatan, share masalah utk jadi bahan tulisan... Ditunggu. Makasih

      Delete
  2. Ijin Copas. Terima Kasih dan semoga sukses

    ReplyDelete
  3. Ijin Copas yee,,, Thank U & Good Luck. :)

    ReplyDelete
  4. Dapat gambar input - proses - output - outcome itu di buku mana?

    ReplyDelete
  5. Dapat gambar input - proses - output - outcome itu di buku mana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saat saya susun tulisan ini, saya ingat diagram itu, saya lupa bukunya. Diagramnya benar begitu

      Delete
    2. Diagram pertama, itu asli pikiran saya. Diagram kedua, saya lupa bukunya

      Delete
  6. bagus banget...upaya membagi ilmu yang pasti ada manfaatnya

    ReplyDelete
  7. Trimakasih, sangat bermanfaat.. sy pernah berdebat dengan teman saya tentang rumah, kata teman saya kali rumah itu rumah pribadi, dan kalu kos kosan itu TDK bisa di katakan rumah, namun sy bilang keduanya sama2 bisa di katakan rumah, namun perbedaannya kalau kos kosan itu rumah juga namun bukan rumah pribadi... Kira2 Giman yag benarnya?

    ReplyDelete
  8. sangat bermanfaat..terima kasih pak.

    ReplyDelete
  9. Tulisan yang sangat bermanfaat .... terimakasih banyak....

    ReplyDelete
  10. Terimakasih. Suatu pencerahan.

    ReplyDelete
  11. Pencerahan yang bermanfaat sekali buat seorang pendidik

    ReplyDelete
  12. Terimakasih, sangat membantu dimata pelajaran yg sedang sy kerjaan, sekali lg terimakasih 🙏😄

    ReplyDelete
  13. Terima kasih telah berbagi ilmunya, smg sehat banyak karya

    ReplyDelete
  14. Terima kasih karena telah berbagi ilmu

    ReplyDelete
  15. Terima Kasih atas Tulisannya, sangat bermanfaat bagi Saya, God Bless 🙏

    ReplyDelete
  16. Sangat bermanfaat, menginspirasi. terima kasih.

    ReplyDelete
  17. Dampak dari program ini apa?

    ReplyDelete