Input
adalah semua potensi yang ‘dimasukkan’ ke sekolah sebagai modal awal kegiatan
pendidikan sekolah tersebut. Berkaitan dengan siswa, input adalah ‘siswa baru’
yang diterima dan siap dididik/diberdayakan.
Input
kelas VII SMP adalah lulusan SD yang diterima. Input Kelas VIII adalah siswa
kelas VII yang naik kelas, dan seterunya.
Proses
adalah serangkaian kegiatan pendidikan yang dirancang secara sadar dalam usaha
meningkatkan kompetensi input demi menghasilkan output dan outcome bermutu.
Contoh
wujud proses pendidikan formal:
pembelajaran, pembinaan mental, pengembangan diri (oleh pihak sekolah), pelatihan,
penugasan, dan sebagainya.
Output
adalah
(1)
hasil langsung dan segera dari
pendidikan (Kaluge,2000) atau
(2)
jumlah atau units pelayanan yang
diberikan atau jumlah orang-orang yang telah dilayani (Margaret C, Martha
Taylor dan Michael Hendricks,2002); atau
(3)
hasil dari aktifitas, kegiatan atau
pelayanan dari sebuah program, yang diukur dengan menggunakan takaran volume/banyaknya
(NEA, 2000).
Outcome adalah
1.
efek jangka panjang dari proses
pendidikan misalnya penerimaan di pendidikan lebih lanjut, prestasi dan
pelatihan berikutnya, kesempatan kerja, penghasilan serta prestise lebih lanjut
(Lauren Kaluge,2000) atau
2. respon partisipan terhadap pelayanan
yang diberikan dalam suatu program (Margaret C, Martha Taylor dan Michael
Hendricks,2002); atau
3. dampak, manfaat, harapan perubahan
dari sebuah kegiatan atau pelayanan suatu program (NEA, 2000).
Dalam
definisi lain dikatakan bahwa Output
adalah hasil yang dicapai dalam jangka pendek, sedangkan outcome adalah hasil
yang terjadi setelah pelaksanaan kegiatan jangka pendek.
Untuk membedakan output dengan outcome,
perhatikan tabel berikut (misalkan untuk perguruan tinggi jrusan pendidikan
matematika)
Output
|
Outcome
|
Banyak
guru matematika yang diwisuda (lulusan sarjana pendidikan)
|
Tingkat serapan pengguna jasa/lembaga pendidikan terhadap lulusan/diterima
sebagai guru/bekerja sesuai profesi
|
Banyak
kegiatan di luar perkuliahan, misalnya penelitian, pengabdian masyarakat
|
· Banyaknya
rekomendasi penelitian yang dipakai masyarakat;
·
Banyaknya
kegiatan pengabdian yang diapresiasi masyarakat, misalnya perguruan tinggi tersebut
selalu diminta membuat seminar, pelatihan, ceramah, bimbingan, dsb
|
Atau
perhatikan ilustrasi berikut:
Pada
diagram di atas output berkenaan dengan dua aspek:
1.
What we do:
apa yang kita produksi/hasilkan, dan
2.
Who we reach:
siapa orang yang menjadi sasaran kita.
Sedangkan outcome lebih mencakup
kepada berbagai hasil (results) yang
harus tercapai dalam jangka pendek dan menengah serta dampak (impact) jangka panjang.
Otcomes jangka pendek adalah pembelajaran (learning) meliputi:
1.
Awareness (kesadaran)
2.
Knowledge (pengetahuan)
3.
Attitudes (sikap)
4.
Skill (keterampilan), dst
Otcomes jangka menengah adalah aksi (action) meliputi:
- Behavior (Perilaku)
- Practice (Profesi/praktek)
- Decision Making (Pengambil kebijakan), dsb
Otcomes jangka panjang kondisi yang
diharapkan (conditions) meliputi:
- Kondisi ekonomi
- Kondisi social
- Kondisi sipil
- Keadaan lingkungan
Jika
memikirkan kompetensi inti yang ditagih kurikulum 2013 yaitu sikap, kognitif
dan keterampilan, pembelajaran saat ini adalah upaya untuk memperbaiki atau
meningkatkan potensi diri input menuju
terbentuknya output dan outcome yang memenuhi standar sebagaimana
tertera pada diagram di atas.
Sumber:
Dokumen kurikulu 2013
http://www.uwex.edu
terima kasih. tulisan anda sangat bermanfaat. :)
ReplyDeleteSama-sama mbak... Selamat menikmati. Oh ya, bagi-bagi kesempatan, share masalah utk jadi bahan tulisan... Ditunggu. Makasih
DeleteIjin Copas. Terima Kasih dan semoga sukses
ReplyDeleteSilahkan Pak...
DeleteIjin Copas ya. Terima Kasih
ReplyDeleteIjin Copas yee,,, Thank U & Good Luck. :)
ReplyDeleteSilahkan dan selamat menikmati...
DeleteSelamat menikmati
DeleteDapat gambar input - proses - output - outcome itu di buku mana?
ReplyDeleteDapat gambar input - proses - output - outcome itu di buku mana?
ReplyDeleteSaya lupa bukunya...
DeleteSaat saya susun tulisan ini, saya ingat diagram itu, saya lupa bukunya. Diagramnya benar begitu
DeleteDiagram pertama, itu asli pikiran saya. Diagram kedua, saya lupa bukunya
Deletesalam hormat. terima kasih.
ReplyDeleteSelamat membaca Pak...
ReplyDeleteSangat bermanfaat?..thank's
ReplyDeleteSangat bermanfaat?..thank's
ReplyDeleteizin copas boss
ReplyDeletebagus banget...upaya membagi ilmu yang pasti ada manfaatnya
ReplyDeleteJos... Makash
ReplyDeleteTrimakasih, sangat bermanfaat.. sy pernah berdebat dengan teman saya tentang rumah, kata teman saya kali rumah itu rumah pribadi, dan kalu kos kosan itu TDK bisa di katakan rumah, namun sy bilang keduanya sama2 bisa di katakan rumah, namun perbedaannya kalau kos kosan itu rumah juga namun bukan rumah pribadi... Kira2 Giman yag benarnya?
ReplyDeletesangat bermanfaat..terima kasih pak.
ReplyDeleteTulisan yang sangat bermanfaat .... terimakasih banyak....
ReplyDeleteTerimakasih. Suatu pencerahan.
ReplyDeletePencerahan yang bermanfaat sekali buat seorang pendidik
ReplyDeleteTerimakasih, sangat membantu dimata pelajaran yg sedang sy kerjaan, sekali lg terimakasih 🙏😄
ReplyDeleteTerimakasih ilmunya pak
ReplyDeleteSangat jelas sekali
ReplyDeleteTk ilmunya Pak, sgt membantu
ReplyDeleteTk Pak
ReplyDeleteSgt bermanfaat
Terima kasih telah berbagi ilmunya, smg sehat banyak karya
ReplyDeleteTerima kasih karena telah berbagi ilmu
ReplyDeleteTerima Kasih atas Tulisannya, sangat bermanfaat bagi Saya, God Bless 🙏
ReplyDeleteSangat bermanfaat, menginspirasi. terima kasih.
ReplyDeleteDampak dari program ini apa?
ReplyDelete